Pilkada mengharuskan Calon Bupati/Walikota/Gubernur dekat dengan masyarakat. Penentuan calon terpilih berdasarkan suara terbanyak menghajatkan Calon Bupati/Walikota/Gubernur dikenal oleh pemilih secara dekat dan personal. Biasanya kampanye dilakukan dengan dialog dengan masyarakat pemilih, temu kader, kampanye massal, spanduk, brosur, bendera dan lain-lain. Model kampanye konvensional seperti diatas tidak cukup menjadikan Calon Bupati/Walikota/Gubernur dekat dengan pemilih. Karena relasi secara personal tidak cukup intens dilakukan. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan tidak sulit berhubungan secara langsung dan personal dengan pemilih melalui Short Message Service (SMS). Apalagi saat ini tarif SMS sudah semakin terjangkau.
SMS adalah sarana penyampaian pesan yang paling efektis, karena SMS relatif pasti dibaca oleh pemilik seluler. Sehingga pesan bisa dipastikan diterima oleh masyarakat pemilih.Oleh karena itu, SMS Kampanye sebagai salah satu tools/alat kampanye menjadi sangat efektif. Karena SMS Kampanye dapat menjadi sarana komunikasi dialogis antara Calon Bupati/Walikota/Gubernur/partai dan masyarakat pemilih.
SMS KAMPANYE adalah software aplikasi pengiriman SMS secara MASSAL DENGAN 1 X KLIK AKAN RIBUAN BAHKAN JUTAAN NO TERKIRIM DENGAN BIAYA SANGAT MURAH dengan sender bisa nama nama pribadi Calon Bupati/Walikota/Gubernur Pilkada 2010, dengan nomer sender TETAP TAMPAK. Hanya dengan menuliskan isi pesan satu kali, SMS ini akan langsung terkirim ke semua database nomor HP yang dimiliki. Selain itu, SMS Kampanye ini juga dapat menerima pesan SMS. Sehingga SMS memiliki kelebihan khusus jika digunakan sebagai sarana kampanye, yakni: efektif, cepat, murah, masal, personal, komunikatif-dialogis dan tepat sasaran. SMS KAMPANYE dapat juga digunakan komunikasi 2 arah (input SMS dan output SMS) untuk menerima masukan,,aspirasi, kritik, saran, dll
GAMBARAN TEKNIS PELAKSANAAN SMS KAMPANYE
Software ini dapat mengirim SMS ke masyarakat untuk kampanye calon bupati atau walikota atau gubernur atau bahkan ketua RT. SMS dapat terkirim hingga 700 sms/jam/hp, jadi dalam sehari anggap aja dari jam 5 subuh sampe jam 11 malam kira2 18 jam maka software mampu mengirim 700 x 18 = 12.600 sms.
Softwarenya jg bisa mendukung 10 HP, misal 5 HP aja maka dalam sehari bisa mengirim 12.600 x 5 = 63.000 sms. kalo digunakan efektif selama masa kampanye (biasanya 14 hari), maka selama kampanye bisa mengirim SMS 882.000 SMS. kalo setiap nomor dikirimin 5 SMS yg berbeda setiap hari maka jumlah HP yg akan menerima SMS ini adalah : 882.000 / 5 = 176.400 orang.
PERBANDINGAN SARANA KAMPANYE
1. Surat : tidak cepat dan juga foto copy biaya tinggi serta jangka waktu sampai ke orang lama dan kadang tidak sampai/tidak dibaca.
2. Baliho/pamflet/spanduk/brosur : tetap perlu tapi biayanya tinggi, kadang tidak tepat sasaran dan sering tidak terbaca karena tempatnya di jalan raya sehingga tidak memungkinkan untuk dibaca.
3. Telp interlokal/lokal/hp : biaya sangat mahal dan tidak efektif/efesien.
4. Internet/e-mail : memang gratis, tetapi tidak semua orang akses internet dan mengerti tentang internet .
5. Iklan media cetak/elektronik : tetap perlu tapi biayanya tinggi, kadang tidak semua orang pas waktunya lihat atau mendengarkan media tersebut.
6. SMS dengan hp biasa : bisa, tetapi kalau ratusan/ribuan bahkan jutaan kali sms sangat sulit dan kurang efektif/ribet .
FAKTA TENTANG SMS
1. Peningkatan Pengguna Handphone di Indonesia adalah yang terbesar di Dunia (contoh : 1 orang bisa mempunyai 2 - 3 no.HP bahkan lebih)
2. Jutaan orang telah memiliki HP & sudah pasti memiliki fasilitas SMS .
3. Jutaan orang terbiasa melakukan komunikasi dengan SMS.
4. Iklan layanan berbasis SMS akhir akhir ini semakin gencar.
5. Pesan SMS akan diterima langsung dan dibaca oleh orang yang dituju.
6. Biaya murah,Target promosi/Kampanye terukur. Branding akan jelas dan terukur dengan respon, karena respon bisa terdata dengan jelas dan pasti.
7. Dibandingkan dengan iklan di Media (elektronik/cetak) yang belum tentu orang melihat dan membaca.
8. Memiliki SMS Kampanye meningkatkan citra Calon BUPATI
9. Mengirim SMS merupakan sebuah cara untuk memasarkan CALON BUPATI (Strategi Branding)
10. Memanfaatkan SMS Kampanye berarti memperluas dan mendekatkan cara berkomunikasi kepada Pengurus/ kader/simpatisan dan masyarakat/ konstituenm sehingga akan menghasilkan informasi penting dan menangkap kebutuhan/keinginan/harapan masyarakat. Sebagai Efeknya adalah dapat mendekatkan komunikasi antara Calon BUPATI dengan konstituen.
11. SMS Kampanye layaknya Customer Service yang menerima Pesan Selama 24 Jam tanpa hari libur & istirahat
12. Pesan SMS dapat disimpan pada media yang anda miliki (Hardisk, CDROM, Flasdisk), selain itu dapat dicatat pada server SMS dan dapat dilacak berdasarkan tanggal, isi, no. pengirim dan no.tujuan
MENGAPA SMS KAMPANYE ?
Pertama, Kampanye Pilkada idealnya dapat menjangkau masyarakat pemilih seluas-luasnya, bahkan jika memungkinkan para Calon Bupati/walikota/Gubernur ‘menyapa’ semua pemilihnya. Bahkan sekedar menyapa pun tidak cukup, harus lebih intens dari itu, yakni berkomunikasi-dialogis. Sang Calon Bupati/walikota/Gubernur memperkenalkan diri, partai, visi-misi, agenda dan target-target perjuangannya dalam politik parlemen. Begitu pula para Calon Bupati/walikota/Gubernur harus dapat mendengar dan menyerap aspirasi serta inspirasi masyarakat pemilihnya.
Kedua, teknologi komunikasi dan informasi sudah begitu pesat berkembang. Salah satunya adalah telpon seluler (handphone) yang sudah masuk keseluruh pelosok negeri. Meski data survei menunjukkan penetrasi seluler belum mencapai 50% penduduk, saya pribadi meyakini, sampai akhir tahun 2008 ini, hingga 80% rumah telah ada anggota keluarganya yang memiliki nomor seluler. Dan lebih dari 60%-nya memiliki lebih dari satu nomor seluler (Bapak, Ibu dan anak). Angka ini bukan hasil survei kuantitatif terakhir, tapi melihat begitu cepat perkembangan penetrasi operator seluler, harga handphone dan pulsa yang murah dengan iklan yang gencar-gencaran, maka jargon ‘hari gini ga punya HaPe‘ merupakan hal yang sangat realistis. Itu artinya, handphone telah menghampiri sangat banyak masyarakat pemilih. Ia menjadi alat komunikasi dua arah yang efektif dengan daya jangkau yang tinggi.
Ketiga, SMS saat ini menjadi trend berkomunikasi yang efektif, hemat, personal dan sampai pada sasaran. Dengan persaingan antar operator seluler yang begitu ketat, ditambah dengan larangan kartel harga SMS (makasih KPPU), harga SMS menjadi sangat murah, bahkan nyaris gratis. Disisi lain, bisa dikatakan, seluruh SMS yang masuk ke ponsel seseorang akan dibaca. Ini artinya, pesan yang disampaikan via SMS akan diterima oleh pemilik nomor hanphone. Terlepas bagaiman responnya setelah membaca pesan. Sehingga dari sini, jika kita menyampaikan pesan kampanye kepada masyarakat pemilih melalui SMS, maka pesan kita akan benar-benar sampai dan dibaca. Betapa ini cara yang sangat efektif. Lebih hebatnya lagi, pesan SMS ini bisa dijawab oleh masyarakat pemilih, dengan biaya yang sama dengan pengiriman SMS biasa, yakni Rp 0,- hingga Rp 150,- saja. Sehingga masyarakat pemilih dapat merespon, memberi dukungan, menyampaikan masukan, aspirasi dan hal-hal lain yang mereka bisa sampaikan. Maka terjadilah komunikasi dialogis antara Calon Bupati/walikota/Gubernur dan masyarakat pemilih.
Keempat, metode SMS Kampanye ini semakin memuncak ketika kesuksesan Presiden Obama dalam kampanye menggunakan SMS Kampanye massal. Dengan banyaknya hambatan struktural untuk kampanye di media cetak dan televisi, serta sulitnya pemasangan alat peraga bagi kelompok oposisi, maka SMS dan Blog menjadi sarana yang bebas sensor. Dari sinilah inspirasi mengembangkan SMS Kampanye mendapat legitimasi empiris.
Kelima, dengan SMS Kampanye pengiriman ke puluhan ribu nomor bisa dilakukan hanya dengan sekali ‘pencet’. Dalam satu hari bisa mengirim ke lebih dari 20 ribu nomor. Itulah gunanya teknologi.
KEUNGGULAN SMS KAMPANYE KAMI
1.Mengirim SMS single/serempak/massal (Broadcast) group ribuan no hp dengan 1 x klik akan terkirim dengan cepat dan terbaca
2.Sms antrian pengiriman (report sms gagal)
3.Menerima dan menampilkan sms masuk ribuan no HP
4.Sms Tausiyah, Dakwah , Misi , Visi Dan Penyampaian Program
5.Konten sms berdasarkan keinginan
6.Sms aspirasi/keluhan
7.Dapat Menjawab RESPON SMS Masuk secara manual atau otomatis
8.MEREGRISTRASI no HP secara otomatis/ auto replay
9.Export dan Import Data
10.Multi Modem sehingga sangat cepat dan bersamaan
11.Sms terjadwal akan mengirim otomatis : Mengirim sms sesuai dengan schedule yang diinginkan untuk pemberitahuan atau pun peringatan.
12.Sms ucapan selamat dll
FITUR MEDIA SMS KAMPANYE
1. Dapat Mengirim SMS
• Pengiriman SMS hingga ke ribuan nomor dengan 1x klik
• Membuat sendiri content/isi pesan untuk SMS info/Promo/kampanye.
• Mengelola alamat Pengirim SMS.
• Melacak kontak pada SMS.
• Laporan ringkas untuk SMS terkirim
• Penerimaan SMS tak terbatas
2. Dapat Menerima SMS ribuan nomor
• SMS yang masuk bisa tertampung sampai ribuan no
• Akan terdata dengan baik dan rapi
• Respon manual
3. Dapat Membuat Data Base secara Otomatis
• Export dan Import data dalam bentuk text maupun file CSV/Notepad.
• Membuat group kontak.
• Mengkategorikan kontak terdaftar dan tidak terdaftar.
• Cukup Reg daftar akan terdata sesuai pengelompokan tidak perlu buat data secara manual
• Jawaban Kontak otomatis sesuai apa yang kita inginkan
4. Dapat Menjawab SMS Otomatis (Auto Replay)
Software SMS Kampanye akan bekerja otomatis menjawab pertanyaan donator sesuai konten yang dibuat.
5. Membuat SMS info, pengajian, dakwah dll
• Program SMS info semua kegiatan pengajian
• Program SMS dakwah, SMS tausiyah, SMS nasehat kepada para jamaah
6. SMS terjadwal
Pengiriman pesan bisa di setting jauh kedepan dengan format awal memudahkan untuk mengingat agenda mendatang
Misalnya : Untuk Bidang Politik
a. Parpol sebagai sebuah organisasi dalam mengelola dan berkomunikasi langsung dengan kader / pengurus harus didukung IT .sebagai tools termasuk dalam proses menjalin silaturahmi dan berdekatan antara organisasi partai tersebut dengan anggota / kader dan pengurus partai.
b. Dengan SMS Kampanye , Maka parpol tersebut bias mengirim sms ke anggota / kader dan pengurus dengan hanya satu kali kirim maka akan tersebar dengan jumlah banyak dan cepat. ( Lebih Efektif dan Efisien ).
c. Dengan SMS Kampanye anggota / Kader dan pengurus dapat memonitor kegiatan dan perkembangan parpol tersebut dengan cukup sms ke SMS Kampanye , maka operator akan menjawab.
SMS KAMPANYE
Label:
software